Saat anda akan melamar sebuah pekerjaan dibidang apapun, pastinya akan
membutuhkan sebuah amplop untuk memasukan dokumen-dokumen yang menjadi
persyaratan dari perusahaan. Ini bertujuan agar berkas lamaran tetap terlihat
rapih dan bersih.
Amplop Lamaran Kerja juga memiliki peran secara formal sebagai sampul
sekaligus etitute anda dalam menghormati institusi maupun perusahaan yang anda
lamar. Dilihat dari fungsi tersebut ternyata peran Amplop lamaran kerja cukup
penting karena menjadi penilaian dasar pihak perusahaan pada anda sebagai
pelemar, dan jangan sampai lamaran kerja anda tidak dibuka sama sekali
gara-gara Amplop lamaran Kerja anda lusuh dan asal-asalan hingga peluang kerja
dihadapan anda sirna begitu saja.
Ada tiga bagian atau komponen penting dalam cara menulis alamat di
amplop lamaran pekerjaan yaitu pengirim, posisi atau jabatan yang akan
dilamar dan tujuan atau nama perusahaan yang hendak anda lamar.
Mungkin bagi para pelamar kerja tidak peduli akan hal ini, namun sebagai
calon pekerja yang baik alangkah baiknya jika dari awal Anda melamar sudah
memberikan kesan yang baik pada pihak perusahaan. Ada beberapa hal yang memang
harus Anda perhatikan ketika Anda akan menuliskan identitas pada sampul amplop
surat lamaran. Tulisan yang baik dengan format yang rapi akan memberikan kesan
bahwa kita adalah calon pekerja yang cermat dan baik. Lalu yang harus kita
cermati saat menulis pada amplop surat lamaran kerja antara lain sebagai berikut
:
1. Sebaiknya
Tulislah Nama perusahaan yang akan dituju pada selembar kertas HVS putih dan
diketik di komputer komputer menggunakan microsoft office word dan memakai
huruf Times New Roman, Tohama atau Arial. Jangan pernah menggunakan huruf yang
terlalu artistik. Karena lamaran pekerjaan adalah surat yang formal. Dan belum
saatnya anda berkreasi pada amplop lamaran pekerjaan anda.
2. Jangan
memakai huruf kapital semua ataupun menggunakan format italic.
Pemakaian huruf kapital semua akan memberikan kesan kaku pada surat lamaran anda.
Pemakaian huruf kapital semua akan memberikan kesan kaku pada surat lamaran anda.
3. Tulislah
dengan benar jabatan yang dituju
Jangan sampai anda salah menuliskan
jabatan yang akan anda kirimi surat. Misanya ditujukan kepada manajer HRD atau
ditujukan lengsung pada manajer perusahaan.
4. Hati-hati
dalam penentuan gender orang yang akan dituju, hal ini dikarenakan banyak nama
yang terkadang ambigu antara nama perempuan atau laki-laki
5. Jangan
lupa untuk mencantumkan gelar dan tulislah gelar dengan benar
6. Setelah
diprint sebaiknya guntinglah alamat tadi dengan jarak sekitar 1 cm dari huruf
paling luar
7. Tempelkan
alamat pada bagian amplop di bawah garis tengah amplop bagian depan.
Itulah tadi kiat dalam menuliskan alamat pada amplop surat lamaran
pekerjaan. Semoga saja penjelasan singkat saya mengenai cara menulis alamat di
amplop ini bisa bermanfaat. Dan semoga anda bisa segera mendapatkan
pekerjaan yang anda impikan dan Selamat berjuang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar