Selasa, 30 Juni 2015

Tips Menjaga Stamina agar tetap Prima saat Mendaki Gunung



http://www.infobdg.com/v2/wp-content/uploads/2014/12/pendaki-gunung.jpeg

Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang dapat dikatakan sangat extrime (berbahaya) yang sedikit orang beranggapan mustahil uuntuk melakukanya, akan tetapi bagi sebagian orang mendaki gunung merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan dikarenakan dengan melakukan pendakian kita merasa sangat dekat dengan alam dan dapat membantu kita untuk mengatasi rasa takut yang ada di diri kita sendiri.
Bagi para pendaki proses mendaki gunung dapat dikatakan sebagai hal yang cukup menyenangkan sekligus dapat dikatakan mendebarkan. Hal ini dikarenakan dalam proses pendakian kita dapat menjumpai hal-hal yang tidak dapat diprediksi oleh kita sendiri, seperti: bertemu dengan binatang buas, cuaca yang tidak mendukung untuk melanjutkan perjalanan, dan banyak hal lainya lagi.
Walupun dapat dikatakan melelahkan akan tetapi pendakian menurut sebagian orang merupakan hal yang sangat dirindukan, karena didalam proses perjalananya kita dapat melihat kebesaran dan keindahan dunia, Namun harus di ingat pula proses pendakian gunung memiliki resiko tersendiri antara lain sejumlah penyakit yang dapat mengintai anda tanpa sepengetahuan diri sendiri mulai dari yang ringan hingga yang dapat menyebabkan kematian.
Untuk mencegah serta meminimalisir kondisi seperti itu ada baiknya dalam proses pendakian kita harus meyiapkan hal-hal seperti berikut:
1.      Cukup air sepanjang perjalanan untuk mencegah dehidrsi.
Pendakian gunung merupakan salah satu kegiatan yang cukup menguras kondisi tubuh, hal ini berakibat tubuh menguluarakan keringat yang sangat banyak walaupun udara dipegunungan terbilang sangat dingin tetapi tanpa disadari tubuh mengeluarkan banyak keringat. Keringat ini yang dapat mengakibatkan terjadinya dehidrasi atau kondisi dimana tubuh kekurangan cairan. Jika dibiarkan dehidrasi akan berakibat fatal bagi kita.
Jika pada hari biasa kita biasanya mengkonsumsi air mineral sekita 2 liter/hari, maka ada baiknya saat pendakian mengkonsumsi air sekitar 6-7 liter ini berguna untuk menjaga kondisi cairan tubuh kita. Selain air mineral ada baiknya kita menyapkan cairan isotonik dan minuman hangat seperti kopi atau coklat hangat ini juga berguna unutuk memulihkan stamina kita.
2.      Melakukan Peregaganan dan pemanasan otot sebelum dan sesudah pendakian
Sama halnya pada saat kita akan melakukan kegiatan olahraga pada saat pendakian pun hal ini diperlukan. Hal ini untuk mengatisipasi otot-otot tubuh agar tidak tegang dan mengalami kram saat pendakian, Selain itu juga melakukan pemanasan sebelum mulai mendaki terutama di bagian sendi bisa membantu mencegah terkilir atau keseleo.
3.      Jika melakukan pendakian pada siang hari sebaiknya kulit terhindar dari sinar matahari secara langsung.
Sinar matahari memang dapat dikatakan sangat berguna bagi tubuh kita, namua dipegunungan seorang pendaki sangat rawan terkena papran sinar matahari langsung hal ini dapat mengakibatkan kulit dapat rusak dikarenakan terpapar secara langsung oleh sinar ultraviolet.
Ada baiknya jika melakukan pendakian disiang hari menggunakan pakaian yang tertutup dan topi hal ini berguna untuk menghindari sinar matahari yang dapat membuat kulit rusak dan hendaklah berjalan di tempat yang teduh jika itu memungkinkan.
4.      Persiapan cukup memadai untuk mencegah cuaca buruk dan dinginnya udara gunung bisa menimbulkan hipotermia.
Tidak dapat dipungkiri jika dinginnya udara di atas gunung serta cuaca buruk bisa menjadi masalah bagi pendaki. Sadar atau tidak  pakaian dapat basah karena keringat. Hal ini dapat mengakibatkan masuk angin, bahkan sampai hipotermia.
Untuk menghindari hipotermia yang mengintaimu selama mendaki, sebaiknya menyiapkan beberapa persiapan:
a.       Beberapa hari sebelum mendaki, cobalah simulasikan udara gunung di rumahmu. Bisa dengan mengeset AC ke suhu yang rendah, menggunakan kipas angin, atau tidur di ubin. Jangan melawan hawa dingin yang menyergap, anggap aja itu suhu normal. Lama-lama, tubuhmu akan terbiasa.
b.      Saat mulai mendaki, jangan buru-buru mengenakan pakaian hangat atau berlapis-lapis. Biarkan dulu tubuhmu menyesuaikan diri dengan udara gunung betulan.
c.       Hindari menggunakan kaos berbahan katun sebagai layer pertama. Meski udara dingin, saat mendaki kamu akan tetap berkeringat. Kaos yang basah akan mudah memerangkap udara dingin; kamu bisa semakin rentan terkena hipotermia. Pilih kaos berbahan polyester yang mudah menguapkan keringat.
d.      Bawa pakaian ganti secukupnya. Kalau bajumu basah karena hujan atau keringat, sebaiknya segera ganti dengan kering. Selain itu, jangan lupa bawa jaket dansleeping bag yang dilapisi polar atau bulu angsa yang efektif memerangkap panas.
e.       Siapkan poncho dan plas chamois. Pastikan poncho atau fly sheet berada di tempat yang mudah dijangkau agar sewaktu-waktu bisa kamu manfaatkan sebagai bivak darurat yang melindungimu dari hujan. Plas chamois bisa kamu gunakan untuk mengeringkan pakaianmu yang basah.
5.      Agar rasa lelah dan kedinginan tidak mendekat, konsumsi makanan sehat dan buah-buahan selama pendakian.
Saat melakukan kegiatan pendakian tubuh kita membakar banyak sekali kalori dari biasanya, agar tetap menjaga tubuh tetap hangat saat pendakian dan memulihkan rasa lelah dengan cepat ada baiknya kita menyiapkan bekal makanan yang akan di makan nanti. Ada beberapa makanan yang baik dikonsmsi saat kita melakuakan pendakian gunung yaitu:
a.       Untuk cemilan
Untuk makanan ringan seperti cemilan yang baik saat melakukan pendakian seperti buah-buahan yang mengandung banyak karbohidrat contohnya pisang. Atau dapat mengkonsumsi multivitamin saat pendakian yang berguna untuk menjaga kondisi tubuh saat melakuakan kegiatan pendakian gunung.
6.      Jangan bernafsu segera mencapai puncak. Nikmati perjalananmu pelan-pelan biar gak mengalami mountain sickness.
Saat melakuakn pendakian, secara fisiolgis tubuh untuk melakukan penyesuaian. Hal ini diperlukan, apalagi jika mendaki di atas ketinggian 2.500 meter dpl karena kondisi tekanan udara dan kadar oksigennya jauh berbeda dengan di dataran rendah.
Jika anda tidak dapat menyesuaikan kondisi tubuh dengan sempurna maka secara otomatis anda mengalami penyakit mountain sickness atau altitude sicknessdi atas gunung. Gejalanya mulai dari mual, pusing, hilang nafsu makan, lemas, sampai sesak napas. Kalau dibiarkan, penderitanya bisa kehilangan nyawa. Untuk mencegahnya, jangan terburu nafsu untuk mendaki ke puncak meski tubuhmu kuat. Lakukan pendakian tidak lebih dari ketinggian 300m tiap harinya biar tubuhmu bisa menyesuaikan diri dengan baik.
7.      Selalu bawa obat-obatan pribadi serta P3K.
Selama melakukan kegiatan pendakian hendaklah membawa kotak P3K atau kotak pertolongan pertama, hal ini dapat berguna jika suatu saat kita mengalami kejadian yang tidak di inginkan seperti kkecelakanan saat pendakian.
8.      Jika sudah sampai puncak sebaiknya memanjatkan doa kepada yang maha kuasa.
Sebelum dan sesudah melakukan pendakian ada baiknya melakukan atau memanjatkan doa terlebih dahulu hal ini bertujuan untuk memohon pertolongan dan perlindungan kepada Tuhan selama kegiatan pendakian dan hal ini juga dapat mengsugesti pikiran kita agar tetap tenang dalam pendakian serta menjaukan hal-hal yang tidak di inginkan.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penyakit-penyakit yang mengintai selama mendaki gunung. Atau tips yang membantu untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap prima saat pendakian yang akan atau sedang dilakukan.





TIPS PERSIAPAN MENGHADAPI INTERVIEW



http://www.loker.web.id/images/wawancara-tips-sukses.jpg


Interview kerja merupakan salah satu proses dari sebuah peneriman pegawai baru didalam sebuah perusahaan yang kita lamar. Proses dimana para pencari kerja akan ditanya secara langsung baik dengan pihak HRD hingga Pimpinan perusahan, dengan bertujuan untuk mengetahui kepribadian pelamar tersebut.
Dapat dikatakan bahwa interview merupakan tahapan yang paling menentukan bagi pelamar untuk mendapatkan pekerjaanya. Hal ini dikarenakan sebagaian pelamar pekerjaan menanggap mudah melakukan hal tersebut, akan tetapi banyak pelamar pekerjaan yang gugur ditahap ini hal ini dikarenakan dalam menjawab pertanyaan yang diajukan pelamar merasa gugup selama proses interview berlangsung, hal ini menjadi faktor utman yang mengakibatkan pencari kerja tidak dapat lulus.
Dalam menghadapi interview mungkin masih menjadi hal yang cenderung menakutkan dan membuat stress bagi orang-orang tertentu, khususnya mereka yang belum pernah memiliki pengalaman diinterview atau para lulusan yang siap mencari kerja.
Persiapan interview dapat meningkatkan kesuksesan dalam menghadapi sebuah interview. Berikut ini merupakan tips wawancara kerja serta persiapan apa saja yang harus anda lakukan sebelum wawancara kerja atau interview kerja berlangsung yaitu:
1.      Survey Lokasi Wawancara Kerja
Sempatkan diri anda untuk survey atau mengecek lokasi interview. Hal ini dilakukan agar keesokan harinya anda tidak sibuk atau kebingunagn mencari lokasi wawancara kerja. Namun hal ini tidak perlu dilakukan jika anda telah mengetahui lokasi wawancara kerja.

2.      Datanglah Lebih Awal
Datanglah 10 menit atau lebih awal dari jadwal wawancara yang telah ditentukan. Hal ini dilakukan agar anda dapat Merileks-an diri, sehingga anda tidak tergopoh-gopoh yang menyebabkan berkeringat dan gugup saat melakukan wawancara.
3.      Siapkan Jawaban Atas Pertanyaan Wawancara Kerja
Hal ini perlu anda lakukan, dengan anda melakukan persiapan ini, kepercayaan diri anda akan bertambah, sehingga tidak membuat anda khawatir lagi untuk tidak dapat menjawab pertanyaan dari interviewer.
4.      Berpakaianlah yang Rapi dan Formil
Anda dapat berpakaian dengan kemampuan financial anda. Untuk pria pakailah pakaian kameja lengan panjang dengan warna cerah namun tidak norak atau mencolok. Hal ini memiliki penilaian psikologis oleh si pewancara. Normalnya pakaian yang dipakai untuk wawancara kerja adalah kemeja putih dan celana panjang warna hitam dengan bahan keper. Untuk wanita, pakailah pakaian yang menunjukan anda seorang pekerja, dan jangan ber make-up terlalu tebal, bermake-up lah sewajarnya.
5.      Awali dan akhiri wawancara dengan Sapaan dan Jabat Tangan
Ketuklah pintu sebelum anda masuk kedalam ruangan si pewawancara, kemudian ulurkan tangan anda lebih awal untuk berjabat tangan sambil mengucapkan sapaan hangat. Hal ini dilakukan agar pewawancara memberi kesan positif bahwa anda adalah orang yang smart dan ramah serta percaya diri. Hal yang terakhir yang harus anda lakukan adalah, setelah anda selesai di wawancarai ucapkan terima kasih dan jabat tangan dengan interviewer sembari memberikan senyuman ramah.
Di atas adalah beberapa tips wawancara kerja yang sering dilakukan, semoga anda lulus wawancara kerja atau setelah melakukan tips wawancara kerja ini.

Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan dimasa depan



Pentingnya Pendidikan


Pendidikan adalah suatu proses yang didalamnya kita mengenal dan belajar berbagai hal dan bertujuan agar kita dapat mengetahui hal-hal yang ada di sekitar kita dan  Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan. Berbicara tentang pendidikan pasti semua akan setuju dan beranggapan bahwa pendidikan merupakan sebuah modal berharga untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah dan merupakan salah satu hak asasi manusia.
Dengan menyelesaikan pendidikan baik hingga bangku SMU atau pun Kuliah merupakan sebuah modal yang sangat berharga bagi kita uuntuk dapat bersaing didalam zaman yang terkenal sebagai zaman moderenisasi dan akan sangat berguna untuk merealisasikan impian dan cita-cita yang kita inginkan selama ini.
Menuntut ilmu itu tidak ada batasan usia atau dapat dikatakan selama kita hidup merupakan sebuah proses pendidikan baik di dalam lingkungan keluarga, masyarakat atau dimanapun kita berada. Di dalam pendidikan banyak sekali hal yang kita dapatkan, Tetapi entah mengapa masih banyak warga di Indonesia ini yang tidak mementingkan pendidikann sebagaimana mestinya, bukan hanya di daerah-daerah terpencil saja bahkan dikota-kota besar sekalipun banyak sekali anak-anak yang tidak mendapatkan pendidikan yang semestinya masih mereka peroleh. Dan sepertinya kesadaran mereka tetang pentingnya pendidikan untuk putra dan putri mereka harus ditingkatkan.
Sebagaimana yang diungkapkan Daoed Joesoef tentang pentingnya pendidikan : “Pendidikan merupakan segala bidang penghidupan, dalam memilih dan membina hidup yang baik, yang sesuai dengan martabat manusia”, dari pernyataan tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa lepas dari kehidupan.
Menjadi bangsa yang maju dan kuat merupakan sebauh cita-cita yang ingin dicapai oleh setiap negara di dunia. Pendidikan merupakan salah satu faktor yang dapat menjadi tolak ukur sebuah negara dapat dikatakan maju atau tidaknya. karna seperti yang kita ketahui bahwa suatu Pendidikan tentunya akan mencetak Sumber Daya Manusia yang berkualitas baik dari segi spritual, intelegensi dan skill dan pendidikan merupakan proses mencetak generasi penerus bangsa. Apabila output dari proses pendidikan ini gagal maka sulit dibayangkan bagaimana dapat mencapai kemajuan.
Pendidikan harus ditempatkan sebagai kebutuhan pokok atau setara dengan kebutuhan pokok, Oleh seabab itu peningkatan mutu pendidikan juga berpengaruh terhadap perkembangan suatu bangsa. Dapat kita ambil contoh Amerika, Jepang, Malaysia dan Singapura negara mereka dikatakan maju karena pemerintah sangat menghargai pendidikan dan mereka pun rela untuk mengeluarkan dana yang sangat besar untuk membangung fasilitas pendidikan di negara mereka masing-masing dan bukan hanya menjadi alat politik saja. Bayangkan jika mereka tidak peduli tentang pentingnya pendidikan apakah mereka dapat menjadi negara yang kuat seperti sekarang ini dan takkan bisa jadi seperti sekarang ini apabila pendidikan mereka setarap dengan kita.

1.    Pentingnya pendidikan bagi kehidupan dimasa depan
Pendidikan itu penting tapi sangat jarang orang mengetahui secara spesifik pentingnya pendidikan. Pendidikan dianggap penting karena dapat menjadi bekal untuk memperoleh pekerjaan yang layak. Padahal tujuan pendidikan tidak seperti itu, pendidikan penting karena ingin memanusiakan manusia sesuai dengan teori pendidikan. Dalam tingkatan tertentu, dengan pendidikan juga mengasah kemampuan dan ketraplilan kita dalam menghadapi masalah dan menyelesikanya dengan cara yang cepat dan tepat. Itulah fungsi pendidkkan yang seharusnya kita fahami. Jadi kalau ada yang bilang bahwa fungsi pendidikan adalah untuk mendapat pekerjaan tentu ini salah kaprah. Mendapat pekrjaan adalah hanya salah satu dari fungsi atau nilai dari sebuah proses pendidikan tersebut.
Mungkin sekarang sedikit demi sedikit kita mengetahui pentingnya sebuah pendidikan bukan hanya untuk menunjang kehidupan kita sehari-hari melainkan kita dapat paham dan mengetahui cara untuk menghargai dan bergaul dengan orang-orang yang ada disekitar kita, setelah kita mengetahui dan memahami pentingnya pendidikan harapan saya adalah:
1.      Pemerintah harus meningkatkan kualitas pendidikan warga negaranya.
2.      Masayarakat harus lebih mengenal pentingnya pendidikan formal dan informal. 
3.      Generasi muda harus lebih kreatif dan imajinatif dalam mengembangkan ilmu sehingga mampu mengahadapi persaingan.
4.      Generasi muda harus sadar bahwa di masa depan harus memiliki bekal pendidikan baik itu informal maupun formal sehingga bangsa Indonesia tidak tertinggal oleh bangsa lain.
Oleh seabab itu pendidikan dapat dikatakan sebagai sebuah kebutuhan primer bagi kita semua karena dengan memperoleh pendidikan kita dapat mencoba untuk memperbaiki taraf kehidupan kita dengan layak, selain itu dengan pendidikan kita dapat menjadi seorang yang dapat berguna baik bagi keluarga bahkan negara sekali pun. Dengan peran aktif pemerintah dan juga masyarakat tentu akan dapat membangun bangsa menjadi bangsa yang kuat diberbagai segi pemerintahan dimasa yang akan datang.

Mengenal Pesawat F-16 Fighting Falcon



Photo 20031215 123321.jpg

Pesawat F-16 Fighting Falcon merupakan jenis pesawat jet tempur yang dikembangkan oleh General Dynamics yang merupakan pabrikan pesawat di Amerika yang memilki kemampuan multi peran supersonic. Pada awal pembuatanya pesawat ini hanya dirancang sebagai pesawat tempur ringan saja, sejalan dengan perkembanganya pesawat ini menjadi pesawat perang dengan multi peran yang sangat populer hampir diseluruh dunia. Kemampuan F-16 untuk bisa dipakai untuk segala macam misi inilah yang membuatnya sangat sukses di pasar ekspor, dan dipakai oleh 24 negara selain Amerika Serikat.
Karena memilki kemampuan yang sangat mumpuni ini pesawat ini sangat popular di mata international dan telah digunakan oleh 25 angkatan udara. F-16 merupakan proyek pesawat tempur Barat yang paling besar dan signifikan, dengan sekitar 4000 F-16 sudah di produksi sejak 1976. Pesawat ini sudah tidak diproduksi untuk Angkatan Udara Amerika Serikat, tapi masih diproduksi untuk ekspor. Indonesia adalah salah satu dari 24 negara yang membeli F16, indonesia setidaknya memiliki 16 buah pesawat ini.
Pada dasarnya pesawat ini memilki kemampuan tempur yang dapat dikatakan sangat bagus. Itu dapat dilihat dari berbagai inovasi yang dilakukan seperti tutup kokpit tanpa bingkai yang memperjelas penglihatan, gagang pengendali samping untuk memudahkan kontrol pada kecepatan tinggi, dan kursi kokpit yang dirancang untuk mengurangi efek g-force pada pilot. Selain itu pada pesawat ini juga merupakan pesawat tempur pertama yang dibuat untu menahan belokan pada percepatan 9g. F-16 A/B awalnya dilengkapi Westinghouse AN/APG-66 Pulse-doppler radar, Pratt & Whitney F100-PW-200 turbofan, dengan 14.670 lbf (64.9 kN), 23.830 lbf (106,0 kN) dengan afterburner. Angkatan Udara AS membeli 674 F-16A dan 121 F-16B, pengiriman selesai pada Maret 1985.
Pada saat ini pesawat F-16 ini memilki beberapa varian yang tersedia mulai dari versi pertama hingga versi sekarang ini. Varian dari pesawat ini ditandai dengan blok-blok sesuai dengan pembaruan atau versi yang dikembangkan, berikut ini merupakan varian dari pesawat ini yaitu:
·         Blok 1
Blok awal (Blok 1/5/10) memiliki relatif sedikit perbedaan. Sebagian besar diperbarui menjadi Blok 10 pada awal 1980-an. Ada 94 Blok 1, 197 Blok 5, dan 312 Blok 10 yang diproduksi. Blok 1 model awal produksi dengan hidung dicat hitam.
·         Blok 5
Diketahui kemudian bahwa hidung hitam menjadi identifikasi visual jarak jauh untuk pesawat Blok 1, sehingga warnanya diubah menjadi abu-abu untuk Blok 5 ini. Pada F-16 Blok 1, ditemukan bahwa air hujan dapat berkumpul pada beberapa titik di badan pesawat, sehingga untuk Blok 5 dibuat lubang saluran air.
·         Blok 10
Pada akhir 1970-an, Uni Soviet secara signifikan mengurangi ekspor titanium, sehingga produsen F-16 mulai menggunakan alumunium. Metode baru pun dilakukan: aluminum disekrup ke permukaan pesawat Blok 10, menggantikan cara pengeleman pada pesawat sebelumnya.
·         Blok 15
Perubahan besar pertama F-16, pesawat Blok 15 ditambahkan stabiliser horizontal yang lebih besar, ditambah dua hardpoint di bagian dagu, radar AN/APG-66 yang lebih baru, dan menambah kapasitashardpoint bawah sayap. F-16 diberikan radio UHF Have Quick II. Blok 15 adalah varian F-16 yang paling banyak diproduksi, yaitu 983 buah. Produksi terakhir dikirim pada tahun 1996 ke Thailand. Indonesia memiliki varian ini sebanyak 12 unit.
·         Blok 15 OCU
Mulai tahun 1987 pesawat Blok dikirim ke dengan memenuhi standar Operational Capability Upgrade(OCU), yang mencakup mesin F100-PW-220 turbofans dengan kontrol digital, kemamampuan menembakkan AGM-65, AMRAAM, dan AGM-119 Penguin, serta pembaruan pada kokpit, komputer, dan jalur data. Berat maksimum lepas landasnya bertambah menjadi 17.000 kg. 214 pesawat menerima pembaruan ini, ditambah dengan beberapa pesawat Blok 10.
·         Blok 20
150 Blok 15 OCU untuk Taiwan dengan tambahan kemampuan yang serupa dengan F-16 C/D Blok 50/52: menembakkan AGM-45 Shrike, AGM-84 Harpoon, AGM-88 HARM, dan bisa membawa LANTIRN. Komputer pada Blok 20 diperbarui secara signifikan, dengan kecepatan proses 740 kali lipat, dan memori 180 kali lipat dari Blok 15 OCU.
Selain memiliki varian berbeda, pesawat ini pun memiliki karakteristik hingga persenjatan yang berbeda disetiap unitnya, akan tetapi disini hanya akan dibahasa mengenai karakteristik hingga persenjataan milik F-16 Fighting Falcon yang merupakan salah satu pesawat tempur milik Indonesia, berikut penjelasanya:
·         Karakteristik Umum :
a.       Kru: 1
b.      Panjang: 49 ft 5 in
c.       Lebar sayap: 32 ft 8 in
d.      Tinggi: 16 ft
e.       Luas sayap: 300 ft²
f.       Airfoil: NACA 64A204 root and tip
g.      Bobot kosong: 18,238 lb
h.      Bobot terisi: 26,463 lb
i.        Bobot maksimum lepas landas: 42,300 lb
j.        Mesin: 1 unit Pratt & Whitney F100-PW-220 afterburning turbofan
k.      Alternate powerplant: 1× General Electric F110-GE-100 afterburning turbofan
·         Kinerja: :
a.       Laju maksimum: >Mach 2 (1,320 mph, 2,124 km/h) at altitude
b.      Radius tempur: 340 mi on a hi-lo-hi mission with six 1,000 lb (450 kg) bombs
c.       Jarak jangkau ferri: >3,200 mi
d.      Batas tertinggi servis: >55,000 ft
e.       Laju panjat: 50,000 ft/min
f.       Beban sayap: 88.2 lb/ft²
g.      Dorongan/berat: F100 0.898; F110 1.095

·         Persenjataan: :
a.       Senjata api: 1 unit M61 Vulcan gatling gun kaliber 20 mm (0.787 in), 511 putaran
b.      Roket: 2¾ in (70 mm) CRV7
c.       Rudal: Air-to-air missiles: 6× AIM-9 Sidewinder, 6× AIM-120 AMRAAM, 6× Python-4. Air-to-ground missiles: 6× AGM-65 Maverick, 4× AGM-88 HARM, 4× AGM-119 Penguin
d.      Bom: 2× CBU-87 cluster, 2× CBU-89 gator mine, 2× CBU-97, 4× GBU-10 Paveway, 6× GBU-12 Paveway II, 6× Paveway-series laser-guided bombs, 4× JDAM, 4× Mk 80 series, B61 nuclear bomb
Tulisan diatas merupakan penjelasan mengenai pesawat tempur F-16 Fighting Falcon yang di milki oleh Indonesia dan merupakan buatan dari Amerika. Hal ini dimaksudkan agar kita dapat mengetahui tentang alutista atau persenjatan yang dimiliki oleh negara kita Indonesia.