Selasa, 30 Juni 2015

5 Gaji Tertinggi dan Terendah Profesi Fresh Graduate



Menjadi seorang sarjana mungkin merupakan sebuah impian bagi sebagian orang sekarang ini yang sedang menempuh pendidikan diperguruan tinggi. Setelah menempuh pendidikan diperguruan tinggi selama kurang lebih 4 tahun pasti seseorang terasa tertantang untuk mengimplementasikan hasil dari proses belajar yang selama ini ditempuh dengan cara bekerja dan mencari nafkah di dunia nyata sesuai dengan bidang apa yang dipelajarinya serat kemampuan yang dimilikinya. Fakta kebanyakan masayarakat Indonesia sekarang bukan mencari pekerjaan berdasarkan apa yang disukai atau sesuai dengan keahlian, hal utama yang paling dicari adalah gaji tinggi atau gaji yang didapat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Memiliki penghasilan yang cukup tinggi bagi seorang lulusan baru (fresh graduate), mungkin menjadi impian bagi setiap orang yang baru lulus kuliah atau sekolah, namun perlu di ingat biasanya bagi seorang dengan predikat lulusan baru dan baru memulai sebuah pekerjaan atau profesi di dalam dunia pekerjaan biasanya akan mendapatkan bayaran atau gaji yang lebih rendah dari pada seseorang yang sudah memiliki pengalamana didalam pekerjaaan. Hal ini didasari karena seorang lulusan baru belum memiliki pengalaman yang dapat menujang untuk mendapatkan gaji yang besar dan mereka biasanya hanya belajar mengenai teori-teori dalam bidang pekerjaan saja.
 Kedua faktor itu lah yang menyebabkan seorang dengan predikat lulusan baru mendapatkan gaji dibawah rata-rata. Memiliki pekerjaaan yang mapan dan bergaji tinggi pastilah menjadi impian semua orang, selain faktor-faktor tadi seorang lulusan baru dapat menghasilkan gaji yang hampir sama dengan seorang yang sudah memiliki pengalaman dibidang pekerjaan. Ada beberapa faktor yang berpengaruh pada besar kecilnya gaji, salah satunya adalah jenis profesi yang diambil. Berikut daftar profesi yang memiliki gaji tertinggi dan juga terendah untuk para fresh graduate. Contohnya seperti berikut:
a.       Gaji Fresh Graduate Tertinggi
Berikut ini merupakan profesi dengan gaji yang cukup besar bagi seorang fresh graduate yaitu:
1.      Petroleum Engineer
Seorang lulusan dari jurusan teknik perminyakan menempati posisi teratas dalam gaji fresh graduate tertinggi. Ini sudah jadi rahasia umum. Menuntut ilmu dalam jurusan teknik perminyakan pun butuh biaya yang besar. Tak ayal ketika lulus penghasilan yang diterima juga tinggi. Gaji awal bisa berkisar antara Rp 5 juta sampai Rp 8 juta. Bahkan di perusahaan minyak internasional seperti Chevron dan Exxon, gaji yang mereka terima mencapai Rp 10 juta.
2.      Ahli Geologi
Penghasilan awal yang diperoleh seorang lulusan geologi hampir sama dengan teknik perminyakan. Mereka bisa mengantongi minimal Rp 5 juta hingga Rp 8 juta ketika melamar pekerjaan. Apalagi di perusahaan tambang internasional. Sayangnya, lulusan dari jurusan ini masih sangat terbatas. Apabila Anda sedang bingung mau mengambil jurusan apa dalam perguruan tinggi, tak ada salahnya memilih bidang geologi. Baik penghasilan maupun kenaikan tingkat pekerjaannya cukup menjanjikan.
3.      Auditor
Setiap perusahaan rata-rata membutuhkan peranan auditor. Untuk itu, lowongan sebagai auditor sangat banyak tersebar di Indonesia. Bekerja sebagai seorang auditor cukup menguras tenaga dan pikiran. Kerja keras seorang fresh graduate dari lulusan ekonomi akuntansi yang mengambil jurusan auditor dihargai Rp 5 juta sampai Rp 7 juta per bulannya. Bahkan seorang internal auditor di perusahaan asing gajinya dapat mencapai Rp 10 juta per bulan.
4.      Engineer
Lulusan insinyur juga masuk dalam kategori fresh graduate yang memperoleh gaji tertinggi. Minimal mereka bisa mengantongi Rp 5 juta setiap bulan sebagai pemula yang belum ada pengalaman. Profesi ini dapat ditemukan di perusahaan telekomunikasi, listrik, hingga layanan penerbangan. Bagi Anda yang merupakan lulusan insinyur segera berburu pekerjaan di perusahaan yang butuh jasa Anda.
5.      Management Trainee Bank
Beberapa Bank gencar menawarkan program management trainee untuk fresh graduate. Faktanya, bekerja di bank baik swasta maupun bank pemerintah memang sejahtera. Rata-rata fresh graduate bisa mengantongi gaji Rp 4-5 juta per bulan dan itu pun belum termasuk bonus. Selain itu, jenjang karir di bidang perbankan juga sangat menjanjikan.
Setelah mengetahui profesi dengan gaji yang besar untuk seorang fresh graduate, maka tidak ada salahnya untuk mengetahui gaji dengan nominal kecil atau terendah bagi seorang fresh graduate. Berukut contohnya:
b.      Gaji Fresh Graduate Terendah
1.      Jurnalis
Jangan kira menjadi seorang jurnalis atau reporter gajinya tinggi. Meskipun tuntutan pekerjaan seorang jurnalis sangat tinggi karena kerap berkaitan dengan deadline, penghasilan yang diterima tidak sebanding. Rata-rata seorang fresh graduate dari jurusan komunikasi jurnalistik menerima Rp 1,5-2,5 juta setiap bulannya. Gaji yang minim, jam kerja yang tidak menentu dan stres pun sudah menjadi makanan sehari-hari.
2.      Guru
Mengabdikan diri pada dunia pendidikan adalah hal yang mulia. Walau begitu, kerja keras seorang guru pemula dihargai dengan upah Rp 1,5-2,5 juta. Jika dilihat memang miris, padahal kesuksesan seorang murid pun ada di tangan guru.
3.      Teller
Fresh graduate yang melamar pekerjaan menjadi teller akan memperoleh gaji minimal Rp 1,8 juta hingga Rp 2,5 juta. Bekerja sebagai seorang teller juga penuh risiko. Apalagi jika antara debit dan credit tidak seimbang. Banyak juga teller yang harus mengganti kekurangannya. Meski begitu, untuk melamar sebagai seorang teller tak perlu berasal dari jurusan ekonomi.
4.      Customer Service
Bekerja di bagian layanan pelanggan tidaklah mudah karena tugasnya langsung menangani berbagai masalah yang dihadapi oleh para pengguna jasa perusahaannya. Rata-rata gaji para customer service officer ini hanya berkisar Rp 2 juta per bulan sehingga mereka kadang mengandalkan bonus (jika ada) untuk dapat meningkatkan taraf hidup mereka.
5.      Sales
Profesi sales marketing ini sebenarnya cukup penting karena dari merekalah produk sebuah perusahaan bisa dipasarkan, namun entah mengapa profesi ini termasuk salah satu profesi bergaji kecil di Indonesia. Rata-rata seorang fresh graduate yang bekerja di bidang ini mengantongi Rp 2,5 juta setiap bulannya. Biasanya bila mencapai target seorang sales akan memperoleh komisi dari perusahaan senilai satu kali gaji atau setengahnya

1 komentar:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE

    BalasHapus