Selasa, 30 Juni 2015

Cara Membuat CV yang Baik



https://didattica.polito.it/zxd/cms_data/image/16/cv-tips.jpg


Bagi para pencari kerja mungkin tidak asing lang mendengar kata CV (Curriculum Vitae), CV merupakan sebuah dokumen yang biasanya digunakan untuk melengkapi persyaratan untuk melamar pekerjaan disebuah perusahaan. CV dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai daftar riwayat hidup sesorang, biasanya dalam sebuah CV dituliskan mulai dari data diri (nama, alamat, email, no.tlp, hingga pendidikan) hingga keahlian yang dimiliki.
Secara umum CV memiliki pengertian yaitu dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya. Penuliasan dalam Sebuah curriculum vitae adalah hingga dua atau lebih halaman. Sebuah CV berisi pengungkapan latar belakang pendidikan dan akademis serta pengalaman pengajaran dan penelitian, publikasi, presentasi, penghargaan, kehormatan, afiliasi dan rincian lainnya.
Sebuah CV bukan saja digunakan untuk melengkapi dokumen lamaran pekerjaan saja melainkan CV juga berguna untuk memperkenalkan diri kepada pihak perusahaan secara tidak langsung. Bukan hanya itu, dengan CV yang pihak perusahaan juga akan mengetahui latar belakang serta latar pendidikan calon karyawan barunya. CV atau daftar riwayat hidup haruslah tertulis dengan baik dan bisa menarik perhatian pihak perusahaan, sebab dari CV inilah perusahaan bisa memberikan keputusan untuk bisa tidaknya lamaran tersebut masuk ketahap selanjutnya. Untuk menulis sebuah CV yang baik ada baiknya untuk mengikuti tips-tips berikut ini agar CV anda dapat ditindak lanjuti oleh perusahaan, berikut ini cara untuk menulis sebuah CV (daftar riwayat hidup) yang baik:
A.  Cara untuk membuat CV (Curriculum Vitae) yang baik yaitu:
1.      Singkat Dan Jelas
Tulis CV kamu dengan singkat dengan jelas. Menulis biodata diri pada sebuah CV tidaklah harus keseluruhan kamu tulis, cukup hanya menuliskan poin-poin pentingnya saja sehingga dengan cepet pihak perusahaan akan mengenal diri kamu.
2.      Kenali Potensi
Dalam sebuah CV, potensi yang dimiliki pelamar adalah pusat yang menjadi perhatian perusahaan selain dari larat belakang penagalaman kerja. Penting untuk kamu mengatahui potensi yang kamu miliki, potensi yang relevan dan bersangkutan dengan pekerjaan yang akan kamu lakukan itu merupakan hal penting dan menajdi poin ketertaikan perusahaan untuk merekrut setiap pelamar. Dari itu, cari dan ketahui potensi yang kamu miliki yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar.
3.       Tulis Dengan Rapi
Buat CV dengan penulisan yang rapih dan terbaca. Kerapihan penulisan ini menjadi satu poin ketertarikan pihak perusahaan untuk menegnal diri pelamar, jika penulisan dilakukan tidak rapih maka sulit untuk pembaca bisa tertarik dan mengerti dengan informasi dari CV yang diberikan.
4.      Buat Menarik
Tambahkan template yang menarik pada CV, pilih template yang tidak alay, sederhana tapi memiliki nilai profesional. Dengan menambahkan template tersebut akan memberikan nilai bahwa Anda orang yang kreatif.
5.      Periksa Ulang
Lakukan pemeriksaan ulang data yang telah kamu buat, perhatikan setiap data yang sudah kamu tuli, jangan sampai terjadi kesalahan penulisan khusunya untuk nomor telepon dan email pastikan itu benar dan dalam keadaan aktif, sebab itu yang akan menjadi alat untuk informasi lebih lanjut
Itulah poin-poin yang harus menjadi perhatian kamu dalam membuat curriculum vitae lamaran yang baik dan menarik, jika ingin CV yang kamu buat menajdi CV yang baik silahkan terapkan poin tersebut pada CV kamu. Dan agar dapat maju ketahap seleksi selajutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar