Selasa, 30 Juni 2015

Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Bagi Kesehatan Tubuh



Mendengar kata mie instan mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga masayakat indonesia saat ini karena hampir sebagian besar masayarakt sudah atau sering mengkonsumsi makanan ini. Karena makanan ini terbilang sangat mudah untuk di dapatkan baik disupermarket hingga warung-warung yang ada disekitar kita. Mie merupakan makanan yang dapat dikonsumsi sebagai makaan pengganti nasi dan cenderung sangat mudah untuk di olah, hal ini dikarenakan mie merupakan masakan yang mudah di olah, cepat matangnya, gampang mendapatkannya, rasanya yang lumayan enak (tersedia berbagai pilihan rasa) dan yang terpenting adalah murah harganya.
Pada saat ini di indonesia telah banyak produsen yang menyediakan Mie Instan, mulai dari yang sudah eksis sejak puluhan tahun yang lalu seperti PT.Indofood Sukses Makmur dengan produk andalannya Indomie, sampai PT Sayap Mas Utama yang baru beberapa tahun lalu baru meluncurkan produk Mie sedap nya tapi sekarang sudah bisa mengambil hati para penggemar mie instan.
Namun tahukan anda bahwa mengkonsumsi mie instan secara berlebihan memilki bahaya tersendiri bagi kesehatan tubuh kita. Pada tulisan ini saya akan mencoba untuk menjelaskan tentang bahaya mengkonsumsi mie instan bagi tubuh kita. Berikut penjelasan mengenai hal tersebut.
1.      Mie instan adalah junk food
Makanan mie instan yang rasanya enak dimulut ternyata termasuk dalam kategori junk foods atau makanan sampah. Kandungan karbohidrat sangat tinggi didalamnya, namun tidak disertai oleh vitmain dan mineral serta serat. Selain itu, dalam mie instan juga mengandung cukup tinggi lemak jenuh sehingga efek kalori didalamnya menyebabkan bahaya bagi kesehatan tubuh.
2.      Mie instan mengandung banyak sodium
Kandungan sodium yang tinggi dalam mie instan membuat mie cepat saji ini buruk bagi kesehatan. Karena sodium bisa memicu terjadinya darah tinggi, penyakit jantung, kerusakan ginjal dan stroke. Penyakit ini akan rentan sekali terjadi terutama bagi mereka yang doyan sekali dengan mie instan.
3.      Mengandung MSG (monosodium glutamate)
Bahaya mie instan terhadap kesehatan juga karena kandungan MSG-nya yang sangat tinggi. Orang yang alergi terhadap monosodium glutamate ini akan merasa selalu haus, dada seperti terbakar, sakit kepala dan sesak nafas.
4.      Menyebabkan kegemukan
Sering atau rutin mengkonsumsi mie instan akan cepat meningkatkan berat badan atau kegemukan.
Lemak yang tinggi dan kandungan sodium dalam mie instan akan menyebabkan penumpukan lemak dalam jumlah besar dan lemak jenuh ini tidak bisa diserap tubuh sehingga tinggal menumpuk dan berubah menjadi lemak tubuh. Jadi tidak heran kalau anda sering mengkonsumsi mie instan berat badan anda bertambah secara cepat.
5.      Mie instan bahaya bagi pencernaan
Bahaya mie instan bagi kesehatan juga sangat nampak kalau mie instan dikonsumsi setiap hari. Mengkonsumsi mie instan akan menyebabkan tersendat pencernaan, susah buang air besar dan tubuh tidak nyaman.
6.      Kandungan Propylene glycol
Bahaya mie intan juga terletak pada kandungan zat berbahaya didalamnya yaitu Propylene glycol, ini adalah zat anti beku yang membuat mie tidak mengering. Kalau Propylene glycol diserap oleh tubuh maka zat ini akan menumpuk dalam area hati, liver, dan ginjal. Jadi masalah yang akan ditimbulkan adalah berkaitan dengan ketiga organ vital tubuh tersebut.
7.      Mengacaukan metabolisme tubuh
Kalau mie instan dikonsumsi secara terus menerus maka mie instan akan menjadi racun tubuh yang berbahaya. Kumpulan zat kimia dan pengawet serta zat pewarna pada mie instan menjadi racun yang siap membunuh. Caranya yaitu dengan melemahkan immune tubuh secara bertahap.
8.      Mie instan menyebabkan keguguran
Kalau ibu hamil mengkonsumsi mie inatan dalam jumlah banyak, maka efek negatif makanan cepat saji ini bisa berimpact buruk bagi janin. Tidak jarang wanita yang suka mie instan ketika hamil menyebabkan keguguran. Hati-hatilah dengan makanan yang katanya merakyat ini.
9.      Menghambat nutrisi
Mengkonsumsi mie inatan juga bisa menyebabkan terhambatnya nutrisi, terutama bagi anak-anak dibawah 5 tahun. Bisa dibayangkan kalau mereka tidak mendapatkan nutrisi dari makanan yang mereka konsumsi. Mereka akan tumbuh melambat, kerdil, kurang gizi dan tumbuh menjadi anak bodoh. Kalau anda sudah tahu bahaya mie instan, maka jauhkan makanan ini pada anak-anak anda.
10.  MIe instan bisa menyebabkan kanker
Beberapa model mie instan dikemas dengan styrofoam.
Kandungan styrofoam dalam mie instan adalah tersangka sebagai agen kanker. Terutama terjadi pada mie yang hanya direndam dengan air panas, ketika terkena air panas, zat ini ikut bereaksi dan kalau ia masuk dalam tubuh bisa menyebabkan kanker.
Itu merupakan bahaya-bahaya mengkonsumsi mie instan terhadap tubuh kita. Masih beranikah anda mengkonsumsi mie instan. Semuanya tinggal pada diri masing-masing, sejauh mana kita menyanyangi tubuh ini sejauh itu pula kita peduli dengan diet atau pola makan sehat kita sehari-hari.



2 komentar:


  1. LegendaQQ.Net

    Pilihan Terbaik Untuk Permainan Kartu Sang LEGENDARIS !!!
    Min Depo 20Rb !!!
    Kartu Para Sang LEGENDA !!!
    WinRate Tertinggi !!!


    Kami Hadirkan 7 Permainan 100% FairPlay :

    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online

    Fasilitas BANK yang di sediakan :

    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Tunggu apalagi Boss !!! langsung daftarkan diri anda di Legenda QQ

    Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama kami !!!
    Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar" nya !!!

    Contact Us :
    + live chat : legendapelangi.com
    + Skype : Legenda QQ
    + BBM : 2AE190C9

    BalasHapus
  2. PelangiQQasia
    Mari Bergabung bersama kami di Pelangiqqasia,com
    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online!!
    Hanya Dengan 1 id bisa main 7 games bos!
    BandarQ | BandarQ Online | BANDAR POKER | Agen BandarQ | Domino99 | Agen Domino | AduQ Online Terbaik
    Keunggulan PELANGIQQ :
    - PROSES DEPO & WD MUDAH TANPA RIBET
    - PROSES DEPO & WD TERCEPAT
    - KARTU-KARTU BERKUALITAS DISAJIKAN
    - CS RAMAH & INSPIRATIF SIAP MEMBANTU 24JAM
    - TIPS & TRIK MENJADI KEUNGGULAN SITUS INI
    - DAN TENTUNYA DEPOSIT YG TERJANGKAU BOS!!(MINIMAL DEPO&WD 25RB)
    Tunggu apalagi bos!! langsung daftarkan diri anda di PELANGIQQ
    Bagaimana cara mendaftar? SIMPEL bos!!
    cukup kunjungi kami PELANGIQQ
    klik daftar dan daftarkan diri anda
    atau bisa juga melalui live chat dan cs kami akan membantu anda 24jam bos!!
    CONTACT US :
    BBM : D1E0517C
    Skype : PelangiQQ
    FB : Pelangi QQ Asia

    BalasHapus