Selasa, 30 Juni 2015

Cara Installasi XAMPP di Windows



http://mous-design.com/lumbung/2011/11/cara-install-xampp.png

Xampp adalah satu paket komplit web server yang mudah dipasang di berbagai sistem operasi. Dalam paketnya sudah terkandung Apache (web server), MySQL (database), PHP (server side scripting). Oleh Sebab itu maka banyak programer yang menggunkan software ini sebagai aplikasi sever yang digunakan.
Program ini biasanya banyak digunakan oleh para programer PHP yang digunakan sebagai server web yang akan dikembangkan atau dibuat, Akan tetapi perlu di ingat jika sebuah website sudah rampung sebaiknya jangan menggunakan aplikasi ini hal ini dikarenakan sistem keamananya dapat dikatakan belum memadai. Oleh sebab itu sebaiknya menggunakan aplikasi ini jika sebuah program masih dalam tahap uji coba saja atau sebagai server local saja.
Untuk menjalankan aplikasi ini perlu sebauh perangkat komputer dengan sistem operasi windows, hal ini dikarenakan aplikasi ini dapat berjalan dengan baik pada OS tersebut. Akan tetapi untuk Sistem Operasi lainnya pun disediakan oleh pihak Apace selaku pemilik aplikasi ini.
Pada hal ini saya tidak akan membahas mengenai penginstallan aplikasi di Sistem Operasi selain Windows. Berikut langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mengintall aplikasi tersebut yaitu:
1.      Download aplikasi tersebut di website penyedianya  (https://www.apachefriends.org/download.html), Jika sudah selesai mendowload aplikasinya silakan klik 2x pada aplikasi tersebut.
2.      Setelah selesai mendownload aplikasi ini, selanjutnya klik 2x pada aplikasi xampp yang telah didownload tadi dan akan muncul pesan “installer language”.
instal xampp, xampp localhost
3.      Langkah selanjutnya pilih bahasa yang akan digunakan, miasalnya bahasa inggris lalu tekan “OK”.
4.      Selanjutnya akan muncul jendela setup wizard lalu klik “next”. Contohnya seperti ini:
4-instal-xampp
5.      Langkah berikutnya akan meminta tempat untuk menyimpan aplikasi ini, dalam hal ini tempat penyimpanan aplikasi sebaiknya di dalam folder C yang berisi sistem-sistem komputer hal ini dimaksudkan agar mudah mencari tempat penyimpananya.
6-instal-xampp
6.      Setelah mendapatkan tempat penyimpanan yang di inginkan maka tunggu hingga proses installasi selesai dilakukan. Jika sudah selesai silakan klik “FINISH” untuk menyelesaikan proses tersebut.
7.      Setelah proses installasi selesai maka akan muncul pesan seperti gambar dibawah ini:
8-instal-xampp
Jika sudah sampai langkah seperti ini maka proses installasi XAMPP dapat di katakan selesai. Dan jika mengklik “Yes” maka dengan otomatis meminta perintah untuk menjalankan aplikasi ini, Sedangkan jika memilih “No” maka program tersebut tidak akan berjalan di komputer.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar