Selasa, 30 Juni 2015

Cara Menarik Uang Di ATM



Hasil gambar untuk cara menarik uang di atm


Automated Teller Machine atau lebih dikenal dengan sebutan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) adalah sebauh alat elektonik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia. Yang merupakan sebuah fasilitas yang diberikan oleh bank yang dimaksudkan untuk memudahkan kita untuk melakukan proses transaksi yang dikehendaki.
Lokasi atm biasanya ditempatkan dilokasi yang sangat strategi atau mudah dijangkau oleh para nasabah dari masing-masing bank hal ini disebabkan agar para nasabah dapat dengan mudah melakukan proses transaksi tanpa perlu mengantri dibank yang bersangkutan seperti dipusat-pusat perbelanjaan, rumah sakit, restoran dan bandar udara serta masih banyak tempat yang lainnya.
Selain melayani proses transaksi, Atm juga memiliki fungsi  penting lainya, contohnya  :
a.       Transfer uangbaik antar bank atau beda bank
b.      Penarikan uang  tunai
c.       Pembayaran tagihan misalnya listrik telepon pdam dan lain-lain tentunya jika bank yang bersangkutan memberikan layanan ekstra dalam ATM.
d.      Pengecekan saldo tabungan
e.       Belanja atau pembayaran di kasir untuk tempat-tempat tertentu misalnya di mall, laboratorium di pom bensin dan lain-lain
f.       Pengisian pulsa handphone.
Oleh karena ATM ini sangat penting fungsinya, maka bagi yang belum pernah menggunakan kartu ATM, inilah panduan terurut dalam menggunakan kartu ATM di mesin ATM, yaitu:
·         Memasukan kartu ATM (lihatjangan sampai terbalik, bagian sisi kiri yang harus dimasukan lebih dulu jangan sampai terbalik kalau tidak anda akan malu sendiri...kok kartunya nggak mau masuk ya...jangan sampai begitu) Pada kartu ATM tertentu biasanya ada tanda panah. Tanda panah itulah sisi yang harus dimasukan lebih dulu
·         Setelah masuk kartu ATM, tunggu sampai layar meminta "masukan nomor pin rahasia".
·         Masukan nomor pin dan pastikan jangan sampai ada yang mengintip, sebaiknya rapatkan tubuh anda ke mesin ATM. Baca tentang cara aman menggunakan mesin ATM
·         Setelah memasukan nomor pin dengan benar, pilihlah transaksi yang diinginkan dengan menekan tombol yang ada disisi layar lurus dengan menu transaksi yang ingin dipilih misalnya "penarikan tunai" atau "transaksi lainnya" untuk melihat layanan transaksi yang lain.
·         Ikuti perintah selanjutnya sesuai layar (biasanya pilihmata uangyang akan digunakan misalnya rupiah, masukan jumlah uang yang akan ditarik (kelipatan 100.000 atau 50.000, anda tidak bisa mengambil uang dari ATM seperti 22.750 mustahil..., kecuali transfer uang, baru bisa angka berapa saja)
·         Ambilah uang tersebut yang keluar dari lubang uang yang ada dibawah. Jika anda tidak ambil, mesin ATM akan menunggu terus. Adakalanya pada transaksi penarikan uang tertentu justru anda diminta mengambil kartu terlebih dahulu biasanya mesin ATM berbunyi. Perhatikan saja perintah yang ada di layar.
·         Bila transaksi selesai,  jawablah pertanyaan bahwa anda selesai bertransaksi sesuai menu yang ada di layar. 
·         Tunggu sampai keluar kertas bukti transaksi dan ambil. Pada transaksi pengambilan uang adakalanya mesin ATM tidak mengeluarkan tanda bukti. Perhatikan saja keterangan yang ada di layar.
·         Setelah itu kartu akan keluar dengan sendirinya, ambil dan transaksi anda berhasil. Selesai....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar