Selasa, 30 Juni 2015

Cara membuat blog





Blog atau bloger secara umum memiliki pengertian sebuah situs website yang memungkinkan penggunanya dapat menuliskan atau memposting berbagai hal sesuai dengan keinginannya dengan mudah, (tanpa harus memiliki pengetahuan html rumit) dan dapat dikomentari oleh pengunjungnya. Blog merupakan salah satu fiture yang disediakan oleh google. Yang mempunyai tujuan agar kita dapat memiliki fasilitas atau halaman website pribadi untuk menulis semua ide yang kita dapatkan tanpa harus memiliki keahlian dalam bahsa pemograman tertentu.
Blog merupakan sebuah website pribadi kita yang dimana pembuatanya tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun,karena ini merupakan fasilitas yang disediakan oleh google, blog pada awalnya hanya memiliki fungsi sebagai media untuk menuliskan tutorial, artikel serta catatan pribadi kita saja.
Namun pada saat ini fungsi blog mulai bergeser dari fungsi awalnya yang dimana dalam sebuah blog telah berkembang lebih luas sebagai ajang berbagi pengetahuan, seperti pendidikan, kesehatan, teknologi dan lain-lain. Bahkan blog juga telah digunakan untuk sebuah perusahaan sebagai media untuk lebih dekat dengan pelanggan dan mitra bisnisnya. Faktor-faktor ini mungkin yang menjadi salah satu alasan mengapa orang mulai membuat blog.
Pada saat ini saya akan coba membahas tentang caramembuat blog di blogspot.com, mengapa saya mengambil akun blogsopt karena pada umumnya blog yang sering digunakan oleh orang menggunakan akun itu dan karena itu saya mengambil tema tentang hal tersebut. Berikut ini cara untuk membuat sebuah blog:
1.      Cara Untuk Membuat Blog
1.      Membuat Email di Gmail.com
Langkah pertama dalam membuat blog di blogspot kita wajib untuk memiliki akun GMAIL sebagai  email yang digunakan untuk akses di blogger.com. Saat ini satu akun Gmail terintegrasi untuk semua layanan Google seperti : Email, Google Plus, Google Sites, Google Webmaster tool, Termasuk Blogger.com.
2.      Cara Membuat Email di Gmail 
Daftar GMAIL gratis buka www.accounts.google.com lalu klik di bagian sudut kanan atas Create An Account atau Buat Akun bottom yang berwarna merah
cara membuat blog 
cara membuat akun di Gmail.com
Selanjutnyal isi data data di akun gmail yang akan dibuat seperti nama anda, tempat tanggal lahir anda, password dan lain-lain. Umumnya dalam membuat email di GMAIL kita perlu verifikasi lewat nomor handphone jadi masukan nomor handphone anda yang masih aktif untuk dikirimi sms dari Google untuk verifikasi akun. Setelah akun email di Gmail dibuat baru kita bisa melanjut ke langkah langkah membuat blog.
3.      Daftar di Blogger.com 
Setelah membuat email di GMAIL selanjutnya daftar ke www.Blogger.com    
buka www.blogger.com lalu masukkan pasword anda di sandi email
cara membuat blog
Klik tombol yang dilingkari Lanjut Ke blogger seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini
cara membuat blog
Klik Buat Blog / Create Blog
1. Klik blog baru
2. Isi judul blog anda
3. isikan alamat domain blog anda
4. pilih themes/tema blog yang di inginkan
5. Klik Buat Blog
cara membuat blog

4.      Pilih Judul dan Alamat blog.
Judul digunakan sebagai nama blog, misal : peluang usaha, jika tema blog anda membahas peluang usaha. 
Alamat merupakan url alamat blog yang diinginkan misal alamat usaha2014.blogspot.com
Dalam memilih judul dan nama blog sebaiknya memilih mengenai bahasan bidang tertentu yang sangat anda kuasai.
5.      Memilih Template Blog 
Ada berbagai template bawaan dari blogger yang tersedia sobat bisa memilih terserah sesuai dengan yang disuka lalu klik 'Buat Blog'
Dalam memilih template blog awal, aku lebih suka dengan template 'AWESOME' karena lebih terlihat simpel tanpa banyak background gambar. Template yang namanya 'Simple' justru sebenarnya tidak simpel seperti namanya karena menggunakan background dalam bentuk gambar sehingga berat untuk dibuka.
6.      Blog Sudah Jadi 
Selanjutnya anda dapat menulis artikel, Setelah tulisan Anda selesai lalu klik "pratinjau" untuk melihat hasil sementara, jika sudah sesuai maka klik "publikasikan". Selamat ! sampai disini blog sudah berhasil dibuat, Setelah ini akan ada beberapa hal yang perlu di setting sebelum melakukan posting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar