Selasa, 30 Juni 2015

Cara melacak tcp\ip pada Komputer yang Sedang Terkoneksi dengan Internet



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiPbQtXniM9j1LrHTs9DjabOxqxF4zQYVcpTBGPL1BiP6MmHIA2rom-VdkgbK_2sL0lJ8uvzGeVBJ1RIaH83FbfyNh5987yEIcLQGaR5v7cDyWYzAYXDkwiFWc9IaxFomaNq0bnVGPDtfT0/s1600/8d0f3d28f3ef433e9bd9714c27b90bb6.png


Pada bagian ini akan menjelaskan bagaimana cara melacak TCP\IP komputer yang sedang terkoneksi dengan internet. Dengan menggunakan OS windows 7 langkah-langkahnya seperti berikut:
1.      Sebagi langkah awal kita bisa melacak tcp\ip yaitu klik tombol start lalu plilh tombol contrl panel dan plilh network and internet teken enter dan akan muncul tampila seperti berikut:
Setelah muncul gambar seperti diatas lalu plih network and sharing center dan pilih view network status and task dan tekan enter.
2.      Setelah anda menekan tombol enter maka akan muncul tampilan seperti berikut ini:
Lalu pilih change adapter setting dan tekan enter.
3.      Setelah memilih change adapter setting maka kita akan masuk kedalam local area conection seperti yang ditunjukan pada tampilan dibawah ini:
Setelah muncul tampilan diatas lalu pilih local area coneection “network cable unplugged” dan klik kanan lalu pilh properti.
4.      Setelah kita melakukan langkah yang dijelaskan pada bagian sebelumnya (langkah 3), maka akan muncul tampilan seperti berikut:
Setelah memmilih “internet protocol version 4(TCO\IPV6)”  lalu pilih propertis atau bisa juga dengan mengklik 2x pada pilihan tersebut.
5.      Setelah anda melakuakan langkah seperti yang ditunjukan pada bagian sebelumnya maka anda akan masuk ketampilan seperti berikut ini:
Setelah masuk kedalam bagian tersebut maka pilih use following ip addres seperti yang ditunjukan pada langkah 1,setelah itu pilih ip addres dan isi bagian itu dengan prot addresnya(lihat langkah 2) tetapi jangan mengisi subnet masknya karena itu akan terisi secara otomatis(lihat langkah 3) dan teken ok.
Setelah semua langkah tersebut dijalankan maka langlah berikutnya adalah pengeresan ping. Dan berikut ini akan dijelaskan cara ping tersebut.

·         Cara ping
Test Ping adalah metode untuk melakukan test koneksi dengan Command Prompt (Windows) untuk mengetahui kualitas koneksi jaringan dari PC anda ke jaringan ditempat lain yang telah terhubung ke PC anda baik itu melalui jaringan lokal (intranet) ataupun jaringan luas (internet).
Berikut ini adalah cara melakukan ping dalam komputer:
1.      Pilih strat lalu ketik run disearch programs and file lalu tekan enter dan akan muncul tampilan seperti berikut:
Setelah tampilan tersebut keluar maka ketik “cmd”(lihat gambar 1) dan tekan ok atau enter(lihat gambar 2).
2.      Setelah kita melakuakan langkah yang pertama maka akan muncul tampilan seperti berikut:
Jika sudah masuk,ketik ipconfig dan tekan enter maka akan muncul tampilan yang dapat dilihat pada gambar diatas.
3.      Setelah anda melakukan langkah yang ke dua maka langkah selanjutnya anda mengetik ping dan masukan IPv4 addres(lihat lingkaran yang ditunjukan oleh panah yang berwrana putih).
Maka akan muncul tampilan atau pesan seperti ini:
Jika muncul pesan replay from berarti koneksi tersebut telah berhasil akan tetapi jika muncul pesan “request time out” berarti koneksi tersebut gagal dan tampilanya seperti berikut:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar