Selasa, 30 Juni 2015

Cara Mengintall Joomla di Local Host



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjjjn7SnYzZKnHEIgqN7zFZFRXOU7k4t62Oa9EeiY-KCYxF4EouazojuV26qhSw4AJMka85o5m_QTw1rLvi0NpfqNLBUX06NhLbKa7kxjwaY5Pf3zdrYCCJlAi7TaXbM-zqqALh13VCRpE/s1600/jomla.jpg
Joomla adalah sebuah aplikasi CMS (Content Management System) yang berguna untuk membuat sebauh website yang memiliki sifat opensource dan juga bersifat GUI. Secara garis besar joomla memiliki 3 elemen dasar yaitu script PHP, database MYSQL, serta web server Apache. Script PHP merupakan sebuah bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat aplikasi joomla, sedangkan database merupakan tempat untuk menyimpan conten website, dan apache berfungsi sebagai server web serta MYSQL merupakan databasenya.
Ada beberapa fitur dari Joomla diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dll. Joomla sendiri menggunakan lisensi GPl ( General Public Licence ) dan joomla adalah cms yang di kembangkan dari CMS Mambo. Selain memiliki sifat aplikasi opensource, joomla sendiri merupakan sebuah aplikasi yang kita dapat secara gratis dan memiliki banyak sekali pemanfaatanya, diantaranya:
A.    Sebagai web perusahaan, bisnis dan organisasi atau sebuah komunitas
B.     Sebagai web portal
C.     Galeri foto
D.    Aplikasi E-Commarce
E.     Menggelola website pribadi/blog.
Sebelum melakukan installasi joomla di dalam internet, ada baiknya kita mencoba untuk melakukan hal tersebut di dalam komputer pribadi dahulu. Karena dengan melakukan hal itu dapat mengurangi resiko dari pembuatan sebuah website baik dari segi biaya hingga segi implementsinya. Sedangkan jika melakukan hal itu langsung di internet dapat dikatakan memilki banyak kerugian baik dari biaya yang besar, koneksi yang lambat hingga masalah dalam memodifikasi website yang dibangun itu sendiri. Oleh sebab itu maka disarankakn untuk membangun sebuah website di dalam komputer pribadi terlebih dahulu, jika sudah selesai barulah melakukan atau mempublikasikan website itu di internet.
Untuk itu Sebelum menginstall Joomla di localhost, terlebih dahulu Anda harus menginstall web server dan MySQL database (localhost) di komputer Anda menggunakan aplikasi XAMPP atau WAMP. Tetapi pada saat ini kita akan menggunakan XAMPP, berikut adalah langkah-lagkahnya:
·         Download paket Joomla 2.5 (Joomla 2.5.4) dari situs resminya yaitu joomla.org.
·         Ekstrak paket Joomla tersebut ke web root directory atau folder yang ada di web root directory (dalam contoh ini, hasil ekstraksi diletakkan di folder joomlaku yang ada web root directory www).
http://www.termasmedia.com/images/joomla/installjoomla251.png
·         Buka browser dan ketikkan url http://localhost dan klik folder joomlaku. Pilih bahasa yang digunakan untuk instalasi dan kemudian tekan tombol Next.
http://www.termasmedia.com/images/joomla/installjoomla252.png
·         Pastikan bahwa tab Pre-instalation check dan Recommednded setting tidak muncul opsi warna merah (ini terkait dengan setting file httpd.conf apabila Anda menggunakan Apache web server) dan tekan tombol Next apabila segala sesuatunya sudah bagus.
http://www.termasmedia.com/images/joomla/installjoomla253.png

·         Baca terlebih dahulu lisensi yang disertakan dan kemudian tekan tombol Next.
http://www.termasmedia.com/images/joomla/installjoomla254.png
·         Tiba saatnya megkonfigurasi database yang akan dipakai oleh Joomla 2.5. Biarkan default untuk Database Type, host Name, dan Table Prefix. Anda dapat mengisi Username, password, dan Database Name sesuai keinginan dan kemudian tekan tombol Next.
http://www.termasmedia.com/images/joomla/installjoomla255.png
·         Untuk instalasi Joomla di localhost, sementara ini Anda dapat melewati tahap mengkonfigurasi FTP dengan mengklik tombol Next.
http://www.termasmedia.com/images/joomla/installjoomla256.png
·         Di tahap konfigurasi, Anda dapat mengisi nama situs (Site Name), alamat email (Your Email), nama pengguna administrator Joomla (Admin Username), password (Admin Password), dan konfirmasi password (Confirm Admin Password). Nama admin dan password digunakan untuk masuk ke area administrator (Joomla backend). Anda juga mempunyai pilihan apakah akan menginstal sample data website atau tidak (untuk yang baru belajar Joomla dianjurkan menginstal sample data dengan mengklik tombol Install Sample Data). Apabila sudah terisi tekan tombol Next.
http://www.termasmedia.com/images/joomla/installjoomla257.png
·         Di tahap paling akhir, Anda akan mendapatkan ucapan selamat bahwa Joomla 2.5 telah terinstal di komputer lokal. Yang terakhir dan paling penting yang harus dilakukan adalah menghapus folder instalasi dengan mngklik tombol Remove installation folder atau Anda tidak akan bisa melanjutkan ke pengembangan website yang sudah Anda rencanakan. Anda dapat memperhatikan dua tombol yang terletak di pojok kanan atas. Klik tombol Site untuk melihat tampilan situs sementara atau klik tombol Administrator untuk masuk ke Joomla backend dan memulai pengembangan website.
http://www.termasmedia.com/images/joomla/installjoomla258.png
·         Tampilan website sementara ketika Anda mengklik tombol Site.

1 komentar:

  1. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    BalasHapus